Kamis, November 14, 2013

Cara Mencari Driver Komputer, Kompatibel di Windows XP/7

Mencari Driver Komputer yang kompatibel di Windows XP/Server/7 -  Sebenarnya banyak cara yang lebih mudah untuk mencari driver pada komputer / laptop, biasanya mereka menggunakan software gratisan. Tapi jeleknya di software pencari driver laptop banyak sekali adware yang nyebelin, kenapa? karena laptop kita akan terinjeksi adware yang biasanya menyerang browser kita atau kadang software pencari driver tersebut suka nongol di PC, pasti kesel kan?

DVD Driver? ya kalo kamu punya dvd driver komputernya, lah kalo tidak? mau apa coba? kalopun cari di internet pasti bingung, karena jarang yang kompatibel dengan Komputer / Laptop kita. Malah banyak driver yang sudah di injeksi virus.

Ada cara lain untuk mencari driver komputer secara online, dan bisa dibilang sangat mudah. Kalau saya biasanya cari driver yang kompatibel untuk komputer di devid.info, disana terdapat banyak sekali driver-driver komputer / laptop yang kompetibel dengan komputer / laptop kita ( Windows XP, Windows Vista, Windows Seven, Windows Server 2003 dan masih banyak lagi.

Langsung aja ke Cara Mencari Driver Komputer yang Compatible untuk Laptop dan PC  :

Pertama tama kita harus fokus pada sebelah kiri bawah monitor kita, yaitu menuju Windows atau bisa juga tekan lambang windows. Setelah itu pilih Computer pada sidebar yang muncul setelah kita klik windows. Atau juga bisa melalui explorer, trus klik lambang komputer yang ada di sidebar kanan.  Setelah itu pilih properties dibagian paling bawah yang saya tunjukkan di tanda panah..


Cara mencari Driver



Setelah itu kita menuju Device Manager yang ada di sidebar kiri kita. Saya tunjukan dengan arah panah warna hitam. Device manager adalah tempat untuk mengelola driver-driver kita, dimana disana kita bisa mengetahui sudah di install atau belum driver kita. Cara untuk mengetahui sudah di install atau belumnya, kita bisa melihat notifikas warna kuning dengan lambang tanda Seru. Jika kita sudah menginstall driver maka lambangnya berubah menjadi deskripsi driver dan tipenya beserta icon ( gambar driver ). Oke lanjut lagi...

 Cara mencari Driver


Setelah menuju device manager kemudian kita cari driver yang belum ter install di komputer / laptop kita. Seperti yang tadi saya terangkan diatas biasanya driver yang belum di install akan diberikan tanda seru berwarna kuning yang bertulisan Unknwon Device, silahkan diperbesar gambarnya.

Kita klik kanan driver yang masih ada tanda seru. kemudian kita pilih properties, kita menuju properti dari driver tersebut.
Cara mencari Driver Komputer


Sesudah di halaman properties, lalu di menu tab terdapat beberapa pilihan, General, Advanced, About, Driver, Details, Resources, Power Management.

Nah disini kita pilih menu Details, disana terdapat property dan Values. Kalau property itu untuk memilih keterangan driver berdasarkan id, deskrpsi, kompatibel dan lain lain, tapi kita hanya memilih hardware Id. Karena kita kan cuma mencari jenis id dari hardware yang kita pakai.

Setelah itu kita copy value yang ada di paling atas karena itu akan lebih detail untuk mencari drivernya. Untuk mencopy tidak bisa klik kanan.. silahkan tekan CTRL + C setelah meng klik valuenya.

Cara Mencari Driver Komputer

Oke, jika sudah di copy Hardware ID nya sekarang kita langsung menuju web pencari driver komputer tersebut. Ketik http://devid.info . Setelah masuk ke websitenya, kita paste pada search bar yang ada di sebelah kanan website tersebut dan Enter.

Cara Mencari driver Komputer
Nah kita tinggal tunggu deh drivernya muncul, dan nanti jika sudah muncul. coba aja di download yang menurut kriteria devicenya..

Selamat mencoba..!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar