Kamis, November 14, 2013

Belajar Teknik SEO dengan benar

Saya ingin membaha tentang Belajar Teknik Seo yang harus di pahami untuk menghasilkan hasil maksimal di mesin pencari google yaitu menuju halaman pertama google. Banyak hal yang harus kita ketahui untuk mendapatkan posisi teratas di google, salah satunya yaitu Teknik Seo On-Page dan Teknik Seo Off-Page

Apa itu Teknik Seo On-Page ? 

Teknik Seo On-Page adalah pengoptimalan bagian dari dalam website yaitu seperti konten, URL, kecepatan website, dan struktur website ( Meta Tag, Keyword, Title dll ). Mesin pencari google akan mengindex halaman website yang sudah di optimasi berdasarkan faktor-faktor diatas. Kenapa demikian?

 Karena algoritma google sudah dirancang dengan khusus untuk mendeteksi data-data yang diperlukan, jika data tersebut mudah diakses maka google akan menempatkan website kita di halaman pertama mereka. Nah, jadi kita hanya perlu untuk menyediakan dan mempermudah algoritma google untuk mengakses website yang kita miliki, setelah itu urusan google yang bertindak.

Disini saya akan jelaskan satu persatu Teknik Seo On-Page yang saya tahu, saya juga masih belajar untuk menyempurnakannya dan disini saya hanya sekedar untuk berbagi dengan teman sekalian. Oke langsung saja kita menuju pembahasan Teknik Seo On-Page.
 1. Setingan pada URL untuk memulai Seo On-Page

Untuk memulai sebuah website yang search engine friendly yang paling mendasar adalah URL, kenapa demikian? karena google hanya akan mengindex dan mudah untuk mengindex url yang bukan berupa karakter ngga jelas, maksud saya URL masih berantakan dan berupa integer atau angka http://mafiawebsite.com/9349545/?index.php atau http://mafiawebsite.com/p=87890 yaa pokoknya seperti itu. Karena untuk mengoptimalkan sebuah website perlu kata kunci di sebuah url, misalnya http://mafiawebsite.com/disini-kata-kunci-yang-di-optimasi.html

Masalah yang terjadi jika kita mengoptiasi url adalah disaat kita submit ke webmaster tool, ya disana adalah tempat untuk mengontrol website kita di mesin pencari. Ketika XML sitemap kita upload maka kita hanya akan mendapati pesan pending dengan gambar jam. So, itu adalah sebuah masalah besar dan akhirnya website tidak akan muncul di mesin pencari atau hanya muncul nama domain saja. Untuk mengoptimasi url tersebut tergantung dari masing2 platform, kalau misalnya wordpress tinggal dicari caranya untuk optimasi permalink sedangkan di joomla juga sama dengan cara merubah sedikit settingan standar yaitu di rewrite module. Jadi, sudah tahu kan pentingnya url, masih mau pake yang standar atau mau dirubah.

2. Optimasi struktur website untuk menjadikan Seo Friendly

Dalam teknik Seo Struktur website sangatlah mempengaruhi web kita di mata google karena struktur website adalah sebuah navigasi bagi mesin pencari google. Penempatan struktur website yang tidak tepat dapat menyebabkan algoritma google melupakan beberapa element penting di website kita. Sama seperti kita menggunakan peta, jika peta yang kita gunakan navigsinya tidak tepat, tau sendiri kan.. pasti nyasar, sama seperti mesin pencari google, joka struktur website kita tidak baik otomatis google tidak akan melihat elemen penting di web kita.

Struktur yang harus dibenahi adalah Menu navigasi / internal link, External link, anchor link, keyword, deskripsi, judul halaman, breadcrumb navigation.  Untuk menu navigasi harus diberikan title atau judul yang nantinya akan dicatat oleh google juga.

Untuk Link jangan terlalu banyak link menuju web lain nanti akan dianggap spam oleh google kecuali ke website yang sudah memiliki reputasi seperti wikipedia, google, facebook dan masih banyak lagi. Pemasangan achor link juga harus menggunakan title.

Keyword, descriptions dan title page, ini penting sekali untuk menentukan website kita mudah di cari atau tidak di mesin pencari google. Title biasanya harus mengandung kata kunci yang kita incar tapi jangan terlalu lebay membuat judul  halaman / title page karena orang nanti juga gak akan mau masuk kalau web kita isinya keyword semua. Buatlah dengan semenarik mungkin, toh Teknik Seo faktor pendukungnya bukan mesin pencari saja, tapi emosi pengunjung juga sangat mempengaruhi.

Didalam descriptions juga harus terdapat keyword yang ada di judul halaman / title page, karena ini juga berpengaruh di pencarian. Buatlah dengan singkat padat dan cermat, jadi jangan terlalu pendek dan juga terlalu panjang masalahnya google hanya dapat menampung deskripsi  maksimal 140 – 150 karakter.

title page tidak boleh sering berubah ubah karena jika sering dirubah maka mesin pencari google akan lebih sulit untuk menentukan judul dari website anda. Sama saja anda ganti-ganti nama, toh bingung kan orang yang manggil anda? Nanti malah dianggap spamming oleh google.

3. Faktor kecepatan load pada website juga mempengaruhi Teknik Seo

Siapa yang suka website Lemot di akses ? kita aja ngga suka apa lagi mesin pencari google, pasti lebih malas untuk mengakses web kita. Ya, karena server mereka akan cepat overload jika mengakses website yang terlalu berat. Tapi itu tidak mungkin terjadi di google sih.. hehe.

Jadi intinya kecepatan sebuah website menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pencarian di google karena susah di akses dan menghabiskan waktu. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan ukuran gambar sekecil kecilnya (tapi jangan terlalu rendah pikselnya __ __" ) dan mengkompres javascript serta css, buang yang tidak di perlukan dan gunakan yang penting penting saja. Kalau anda menggunakan joomla atau wordpress atau CMS lain, lebih baik carilah template yang ringan.

Biasanya bagi yang menggunakan wordpress sudah ada beberapa plugin untuk optimasi kecepatan load website http://wordpress.org/plugins/w3-total-cache/  plugin ini lumayan bagus kalau digunakan, soalnya saya pakai di website wordpress saya juga dan akhirnya memiliki skor akses yang cepat. Cari saja artikelnya tentang optimasi menggunakan plugin w3 total cache di internet pasti banyak.

4. Teknik Seo tidak akan bekerja jika Konten tidak memadai

Jika kita sudah mengunakan Teknik Teknik seo yang mujarab percuma saja kalau artikelnya ngga memadai. Google sangat menyukai konten yang original, menarik dan memiliki nilai penting. Konten sendiri adalah sebuah raja pada website, tanpa konten mana ada pengunjung yang datang begitu juga google, karena google hanya mengakses konten dan gambar yang diberikan Alt. Jadi semakin banyak konten, semakin banyak juga kata kunci / keyword yang kita dapatkan dari website kita.

Cara penulisan konten sangat mempengaruhi hasil pencarian di google, terutama pada keyword yang kita sisipkan di konten dan tepat dalam meletakannya. Jangan terlalu banyak menaruh keyword pada konten karena google juga akan menganggap kita spamming atau keyword stuffing, jadi hati hati ya kalau mau menempatkan keyword.

Keyword sebaiknya diletakan pada H1, H2, H3 atau jika menggunakan gambar keyword bisa disisipkan menggunakan alt="Keyword", untuk file pada gambar juga sebaiknya diberikan judul yang sesuai dengan keyword.  Kemarin sempet baca-baca juga katanya kalau untuk keyword lebih baik diberikan style yaitu Bold, Italic, dan Underline jadi hasilnya seperti ini  Teknik Seo On-Page.

Selamat mencoba ya...  maaf cara penulisan saya masih dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar