Kamis, Desember 13, 2012

Cara mengaktifkan SSH / SFTP pada freebsd

Cara mengaktifkan SSH / SFTP pada FreeBSD - Kita sebagai Server administrator harus bisa mengakses server kita melalui remote tanpa kita susah-susah payah kedepan server, Kenapa? Karena sewaktu-waktu kita berada diluar ruangan server / berada di luar kota jauh dari server kita maka kita tetap bisa bekerja.
Kita akan menggunakan SSH untuk mengaksesnya dan melakukan instalasi sampai transfer dan transmit data. Penggunaannya cukup sederhana, kita hanya perlu menggunakan putty atau software lain bahkan sistem operasi yang sama untuk mengaksesnya.Kita hanya perlu waktu untuk mengkonfigurasi server kita.

Penting !!
 Sebelum kita konfigurasi, Setting terlebih dahulu IP kita menjadi IP statik, lalu kita buka port 22 pada modem ADSL / VirtualMachine kita.Agar dapat mengakses dari luar . ( IP Forwarding ).

langsung saja kita konfigurasi. Pertama-tama kita Login ke server freeBSD dengan menggunakan hak akses sebagai root. Login ke user biasa terlebih dahulu, lalu ketikan perintah su , setelah itu masukan password administrator anda. Setelah itu kita perlu mengaktifkan sshd pada file rc.conf , caranya adalah dengan cara mengetik ee /etc/rc.conf setelah itu kita enter. Setelah muncul file konfigurasinya barulah kita tambahkan perintah sshd_enable="YES" artinya sshd di aktifkan pada setiap kali komputer pertama kali di hidupkan.

Setelah kita tambahkan sshd lalu kita tekan tobol keybord ESC untuk menutup settingan, lalu pilih menu leave editor, setelah itu pilih save. Setelah selesai lalu kita setting pada bagian
 /etc/ssh/sshd_config dengan mengetikkan perintah  ee /etc/ssh/sshd_config lalu kita edit bagian
#PermitRootLogin no menjadi PermitRootLogin yes . Artinya root diperbolehkan mengakses SSH / SFTP untuk melakukan eksekusi atau perubahan File/Folder pada Server.

Kemudian kita rubah juga pada bagian #port 22 Menjadi port 22. Kita hilangkan tanda # dengan tujuan untuk mengaktifkan settingan, karena settingan tidak akan aktif jika kita menambahkan tanda # pada awal baris.

Oke, Settingan sudah selesai.

Silahkan akses SFTP / SSH anda menggunakan program kesukaan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar