Rabu, Desember 12, 2012

Apa itu SSH / SFTP ?

 Apa sih SSH ? apa sih SFTP ? sini sebelum saya jelaskan tentang cara settingan SSH / SFTP, saya akan jelasakan betapa pentingnya SSH/SFTP.

Setting SSH pada FreebSD
Secure Shell atau SSH adalah
SSH dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Beberapa aplikasi di bawah ini mungkin membutuhkan fitur-fitur yang hanya tersedia atau yang kompatibel dengan klien atau server SSH yang spesifik. Sebagai contoh, menggunakan protokol SSH untuk mengimplementasikan VPN adalah dimungkinkan, tapi sekarang hanya dapat dengan implementasi server dan klien OpenSSH.
  • untuk login ke shell pada remote host (menggantikan Telnet dan rlogin)
  • untuk mengeksekusi satu perintah pada remote host (menggantikan rsh)
  • untuk menyalin file dari server lokal ke remote host. Lihat SCP, sebagai alternatif untuk rcp
  • dalam kombinasi dengan SFTP, sebagai alternatif yang aman untuk FTP transfer file
  • dalam kombinasi dengan rsync untuk mem-backup, menyalin dan me-mirror file secara efisien dan aman
  • untuk port forwarding atau tunneling port (jangan dikelirukan dengan VPN yang rute paket antara jaringan yang berbeda atau menyambung dua wilayah broadcast menjadi satu)
  • untuk digunakan sebagai VPN yang terenkripsi penuh. Perhatikan bahwa hanya OpenSSH server dan klien yang mendukung fitur ini

 Secure File Transfer Program ( SSH File Transfer Protocol) atau SFTP  fungsinya hampir sama dengan FTP ( File Transfer Protocol ) hanya bedanya lebih secure dibanding FTP. Port yang dipakai SFTP pun berbeda, karena menggunakan port 21 sedangkan SFTP menggunakan port 22. Penggunaan SFTP lebih secure dibanding FTP dan data yang kita transfer/transmit telah di enkripsi seperti pada HTTPS.


Jalur yang digunakan SFTP sama dengan jalur yang digunakan oleh SSH, karena SFTP adalah SSH, bedanya hanya di tampilan kalau SSH menggunakan command seperti telnet sedangkan SFTP adalah tampilan folder-folder seperti pada windows.
 
Untuk lebih lengkap silahkan baca di wikipedia tentang SSH http://id.wikipedia.org/wiki/SSH
 dan http://en.wikipedia.org/wiki/SSH_File_Transfer_Protocol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar