Selasa, Desember 04, 2012

Ternyata bermimpi itu ajaib

Dulu awalnya saya cuman menghayal, alhamdulillah sekarang malah jadi kenyataan. 
Waktu kecil saya suka main-main dengan bantal dan saya hayalkan kalau bantal itu adalah laptop/teknologi canggih seperti di film action, selain itu saya suka main perang-perangan pakai pistol mainan. Seiring berjalannya waktu ternyata semuanya bisa terwujudkan.

Hayalan saya pada waktu kecil menjadi ahli komputer ternyata sekarang saya sedang menjalani proses untuk menjadi seorang ahli komputer. Saya merasa apa yang saya pikirkan semuanya bisa saya gapai. Kenapa? karena banyak pengalaman unik yang mengarahkan saya kepada tujuan.

Contohnya, saya 6 bulan yang lalu kepengin belajar Sistem operasi LINUX, biasanya linux cuman dipakai oleh orang yang bekerja dengan jaringan atau bahkan banyak hacker-hacker dunia menggunakan linux untuk melakukan penetrasi ( Aksi Hacking ) untuk membangun dan membobol kelemahan sistem pada jaringan internet.

Ternyata keinginan saya untuk menguasai sistem linux berjalan dengan sempurna.  Saya ditugaskan oleh rekan saya untuk mengkoneksikan database dengan menggunakan sistem linux, dengan hati gelisah bercampur senangpun menjadi satu, Kenapa ? yaiyalah saya kan ngga bisa pakai linux, lah wong boro-boro pakai sistem linux, lihat tampilan desktop secara real saja saya belum pernah. #bodoh. Akhirnya setelah saya ditugaskan untuk mempelajarinya, akhirnya saya mencari-cari sumber artikel di internet yang membahas tentang sistem operasi itu, saya banyak menemukan artikel, tapi saya sendiri masih bingung menggunakannya.. =="

Kebetulan sistem yang saya pelajari itu adalah UNIX = Mbahnya sistem operasi, atau bisa disebut Geek Operating System ( kebanyakan pemakai adalah geek ). Makin pusing saya dibuatnya, karena di indonesia sendiri masih sangat minim penggunanya, banyak yang bilang sistem operasi ini tidak mudah dioperasikan. Masalahnya, sistem ini terlalu banyak menggunakan CLI ( Command Language Interface ) semua settingan berbasis text, sedangkan di linux sendiri settingannya sudah bisa menggunakan GUI ( General User Interface ) tampilannya seperti Windows.

Setelah saya mencari informasi dan menerapkan informasi yang sudah terkumpul ke bentuk praktek, saya mengalami banyak sekali kesulitan, kebanyakan pada waktu instalasi software tidak mau di compile karena ada port yang belum up to date. Namanya juga newbe ==".
Pada akhirnya saya bertemu dengan salah satu orang yang setiap saya bertanya ke forumnya, dia yang menjawab. Akhirnya saya membuat jadwal untuk kopdar, untungnya dia sangat merespon. Saya diberi pelajaran selama 2 jam, dari jam 7 sore sampai jam 9 malam. Dari situ saya belajar banyak dan saya mencoba menerapkan ke sistem yang sedang saya pakai, sampai sekarang saya sudah dapat menggunakan beberapa konfigurasi standar server.

Dari hasil pertemuan itu saya mengembangkan sendiri dan dengan refrensi dari google, saya akhirnya bisa melakukan instalasi program database connector.  Program ini digunakan untuk koneksi antar bank dengan klien dengan menggunakan protocol yang sangat secure.

Dari sini saya mulai mempelajari dan memperdalam pengetahuan di sistem operasi itu. Alhamdulillah saya sekarang sangat menyukai baris command pada linux. Saya mengembangkan pada server pribadi saya, dan sampai sekarang saya selalu melakukan percobaan dapa server saya.

Itulah ajaibnya bermimpi, pasti ada jalan kalau kita sudah bermimpi. Begitu juga mimpi saya untuk memainkan senjata, walaupun itu cuman senjata dengan menggunakan gas,, tapi saya pernah menggunakannya.

Mulai dari 4 bulan lalu saya sudah berjanji kalau saya berhasil saya akan memberikan kawan saya 1 buah motor Ninja terbaru. Saya sekarang sedang merancang pencapaian yang akan saya capai dan saya juga sedang mengerjakannya untuk menggapai itu semua.
Insya allah semua berjalan dengan semestinya.

Maaf Curcol, Besok2 saya mau share tutorial di Blog ini. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar